Hubungi Kami di (021)-62321052
Whatsapp 0815-19436864 / 0812-10258877

       
Kami mengucapkan: "Selamat Hari Raya Idul Fitri 2019 / 1440H, Minal Aidin Wal'faizin - Mohon maaf lahir batin" 

Aneka Jenis Lampu Jalan

Perkotaan memerlukan infrastruktur penerangan jalan dengan baik, yang mempunyai 3 bentuk kegunaan, segi kegunaan keamanan, kegunaan ekonomis, serta estetika.

 Lampu Jalan yg banyak dipakai;

  • Lampu HPL-N
  • Lampu SON-T
  • Lampu LVD
  • Lampu Neon
  • Lampu LED

Lampu HPL-N

HPL-N merupakan nama produk dari jenis lampu merkuri fluorescent di Eropa, di negara Australia dan Inggris disebut nama MBF, jika di Amerika sering dinamai X dan DX, jika di Jepang disebut HF. Lampu HPL-N ini adalah salah satu lampu merkuri fluorescent ber-tekanan tinggi dan merupakan keluarga lampu tabung. Cara kerja lampu merkuri ini sama dengan lampu tabung fluorescent, yang cahaya nya berasal dari percikan elektron ( electron discharge ) yang terjadi dalam abung.

Lampu merkuri ada 2 jenis tabung yaitu tabung dalam atau yang sering disebut Arc Tube dan tabung luar atau dipanggil bohlam. Di dalam tabung diisi merkuri untuk menjadikan radiasi ultraviolet serta gas argon untuk starting. Selanjutnya bohlam luar bekerja sebagai tabung dan mempertahankan kestabilan temperatur di area tabung. Lampu tersebut memerlukan balast dalam pengaturan listrik, biasa nya balast untuk lampu merkuri berbentuk reaktor autotrafo, masih harus dilihat karakteristik nya. Lampu merkuri beroperasi pada daya yang rendah,  prinsip nya jenis cahaya yang dihasilkan lampu merkuri merupakan dominan radiasi ultraviolet diubah menjadi sinar yang terlihat ( visible light ) dengan melapisi dinding dalam bohlam dengan serbuk phospor, berlaku juga dengan lampu fluorescent.

Lampu HPL-N yang sering disebut lampu merkuri bertekanan tinggi fluorescent mempunyai jangka pemakaian rata - rata 12.000 ~ 20.000 jam. Sedang fluks sinar yang dihasilkan antara 1800 lumen sampai 54.200 lumen. Lampu HPL-N ini sering digunakan untuk penerangan jalan umum karena color rendering nya yang bagus.

 

Lampu SON-T

Lampu jalan sodium bertekanan tinggi atau lampu SON-T yang cara kerja sama dengan lampu jalan sodium tekanan rendah atau SOX-E, yaitu pelepasan elektron dalam tabung. Lampu sodium bertekanan tinggi SON dan sodium bertekanan rendah SOX merupakan jenis lampu tabung atau discharge lamp. Lampu ini mempunyai tekanan gas dalam tabung sekitar 250 mm Hg yang membuat suhu kerja tabung ini tinggi.

Sama dengan HPL-N lampu SON-T memerlukan balast reaktor autotrafo yang bekerja pada daya yang rendah. Pemasangan nya memakai ignitor sebagai pemicu tegangan  dari 220v menjadi 0.5 kva. Prinsip nya jenis cahaya yang di produksi terdiri dari 2 tabung yaitu tabung gas atau arc dan tabung luar atau bohlam. Tabung gas erupakan
bahan tahan terhadap uap sodium ber-temperatur tinggi, contoh nya stellox. Dalam tabung terisi sodium dan merkuri. Merkuri bekerja untuk meningkatkan tekanan gas serta tegangan kerja lampu. Gas mulia neon juga diisi pada tabung untuk starting. Bohlam bagian luar pada gelas yang terpisah dari udara luar. Bohlam ini bekerja mencegah tabung gas dari kerusakan bahan kimia dan mempertahankan kestabilan temperatur tabung gas.

 

Lampu LVD

Adalah lampu induksi efesiensi tinggi yang dipakai sebagai pengganti lampu penerangan jalan umum ( PJU ) dan lampu sorot. Lampu LVD dengan watt kecil mampu menghasilkan setara dengan lampu Metal Halide ( MHL ) ataupun lampu Sodium dengan daya lebih besar. Selebihnya adalah masa pakai atau umur pemakaian mencapai 100.000 jam. Pada umum nya lampu PJU dipakai jenis induksi LVD 80 watt dengan efesiensi yang tinggi setara dengan lampu merkuri 250w, yang terang dan kuat usia pemakaian nya.

Sistem lampu LVD atau Induksi terdiri 3 bagian penting;

  • Balast dengan frekuensi tinggi.
  • Kumparan Induksi.
  • Lampu nya sendiri.

Balast menghasilkan arus listrik frekuensi tinggi dan memberikan ke kumparan induksi. Arus yang melalui kumparan membuat fluktuatif medan elektromagnet pada lampu yang menarik meng-ionisasi atom - atom gas, mengeluarkan radiasi ultraviolet. Waktu radiasi ultraviolet ini bersentuhan dengan fosfor sehingga menghasilkan cahaya.

Karena lampu induksi ini tidak membutuhkan filamen atau elektroda untuk menyala, maka daya pakai jauh lebih lama daripada lampu pijar konvensional, lampu neon atau lampu dengan media gas tanpa membuat lampu menjadi hitam.

Pengoperasian yang jauh efesien dengan depresiasi lumen yg jauh berkurang walau lampu ini sering dinyalakan, bahkan hingga 60.000 jam lampu induksi ini masih memberikan 80% keluaran cahaya nya.

 

Lampu Neon TL


Lampu fluorescent sering disebut lampu TL. Jenis ini banyak dipakai karena daya pakai relatif kecil dibanding lampu bohlam, selain itu lampu TL lebih dingin suhu nya pada pemakaian yang sama.

Lampu TL sudah banyak dipakai luas di masyarakat untuk perumahan atau industri, keuntungan lampu TL ini seperti menghasilkan keluaran cahaya per watt lebih tinggi daripada lampu biasa ( incandescent lamp ). Contoh nya pada penelitian mengukur 32 watt lampu TL menghasilkan 1700 lumen pada jarak 1 meter sedangkan 75 watt lampu bohlam biasa ( dengan filamen tungsten ) menghasilkan 1200 lumen. Dengan kata lain perbandingan efesiensi lampu TL dan lampu bohlam 53 : 16. Efesiensi ini diartikan sebagai hasil kekuatan cahaya dibagi dengan daya listrik yang digunakan.

Meski lampu TL banyak keuntungan untuk penghematan daya, tetapi juga mempunyai kerugian;

  • Biaya yang besar untuk pembelian set lampu TL
  • Ruang yang lebih lebar satu set lampu TL

Selanjutnya ada kelemahan lampu TL standar yang disebutkan di atas maka dengan elektronik balast ruang pemakaian lebih efesien sehingga sama dengan ruang yang dipakai lampu bohlam, selain itu dengan elektronik balast dapat mengatasi adanya floker yang disebabkan karena turunnya frekuensi tegangan supply.

 Untuk produk berbagai jenis lampu jalan jenis LED bisa dilihat pada tautan berikut ini Aneka jenis PJU LED

Alamat

Toko Sumber Lampu
LINDETEVES TRADE CENTER
LTC-Glodok Lantai 2 Blok B3 No.2
Jalan Hayam Wuruk No.127
Jakarta Barat - 11180

Phone

Ph-Fax (021) 62321052
WhatsApp 0815-1943-6864
WhatsApp 0812-1025-8877
0878-7889-3385 XL
0878-7589-3295 XL

Cara Pembelian

sumberlampuglodok@gmail.com
penjualan@sumberlampu.com