Hubungi Kami di (021)-62321052
Whatsapp 0815-19436864 / 0812-10258877

       
Kami mengucapkan: "Selamat Hari Raya Idul Fitri 2019 / 1440H, Minal Aidin Wal'faizin - Mohon maaf lahir batin" 

Jenis - Jenis Lampu dan Dipasaran

Dipasaran banyak sekali jenis lampu yang beredar, berikut jenis-jenis lampu dan penjelasannya:

Lampu Pijar (biasa)

Dikembangkan Thomas Alfa Edison, memakai filamen tungsten, sejenis kawat pijar dalam bola kaca terisi gas nitrogen, kripton, argon, hidrogen. Lampu pijar ini memakai energi lebih banyak daripada lampu TL dengan tingkat cahaya setara. Bohlam hanya berumur 1000 jam atau perkiraan pemakaian 10 jam perhari dalam semalam, dan bertahan sekitar 3-4 bulan.

lampu pijar

Biasanya kebanyakan orang memakai bohlam ini karena cahaya yang dihasilkan. Warna kuning bohlam ini terasa hangat. Dan orang memakai bohlam ini karena harganya yang murah. Tetapi perlu diperhatikan bohlam ini pada umumnya hanya berumur 3-4 bulanan.

Cahaya yang dihasilkan lampu pijar ini berwarna kuning.
Derajat suhu warna 2'500 - 2'700 K (Kelvin)

 

Lampu Fluorescent atau lampu TL

Sering disebut lampu neon. Sekarang ini lampu neon bentuknya bervariasi, ada yang memanjang umum, berbentuk ulir atau spiral, dan ada yang berbentuk vertikal dengan fitting (instalasi KAP lampu) persis lampu pijar. Lampu TL lebih irit energi dibandingkan lampu pijar, dan lebih terang. Pada umumnya lampu TL yang baik, bisa berumur 15.000 jam atau perkiraan 10 tahun, dengan biaya 10x lebih mahal dari lampu pijar. Sebaliknya lampu TL berkualitas buruk bisa berumur 4-6 bulan.

lampu TL

Lampu TL memiliki varisi dan corak, dengan fitting spiral atau ulir yang biasa dipakai untuk lampu bohlam biasa. Sejak lama lampu TL yang banyak digunakan dengan fitting khusus untuk lampu TL yang berbentuk panjang.

Dengan pemakaian watt/listrik yang efesien, lampu TL/neon lebih mudah dipakai dibandingkan lampu pijar, cahaya tersedia putih, kuning, dan lainnya. lampu TL pada umumnya banyak dipakai untuk penerangan toko, mall, dan tempat yang memerlukan cahaya terang & hemat energi.

Cahaya lampu TL:

  • kuning (2'700 K - 3'000 K)
  • netral (3'500 K - 4'500 K)
  • putih (5'500 K - 6'500 K)

 

Lampu Halogen

lampu halogen biasanya memiliki reflektor (cermin dibelakangnya) untuk memperkuat cahaya yang keluar. Fittingnya biasanya khusus, namun saat ini ada pula yang dengan jenis fitting biasa.

Lampu jenis ini merupakan lampu spot yang baik. Lampu spot adalah lampu yang cahayanya mengarah ke satu area saja, misalnya lampu untuk menerangi benda seni secara terfokus. Lampu ini baik untuk digunakan sebagai penerangan taman untuk membuat kesan dramatis dari pencahayaan terpusat seperti menerangi patung, tanaman, kolam atau area lainnya. Jenis lampu ini sebenarnya merupakan lampu filamen yang sudah berhasil dikembangkan menjadi lebih terang, namun juga kebutuhan energi (watt) yang relatif sama.

lampu halogen

Warna cahaya lampu halogen adalah:

  • halogen biasa: kuning 3'000 K
  • halogen high pressure: putih 6'000 K

 

Lampu LED

Lampu ini merupakan sirkuit semikonduktor yang memancarkan cahaya ketika dialiri listrik. Sifatnya berbeda dengan filamen yang harus dipijarkan (dibakar) atau lampu TL yang merupakan pijaran partikel. Lampu LED memancarkan cahaya lewat aliran listrik yang relatif tidak menghasilkan banyak panas. Karena itu lampu LED terasa dingin dipakai karena tidak menambah panas ruangan seperti lampu pijar. Lampu LED juga memiliki warna sinar yang beragam, yaitu putih, kuning, dan warna-warna lainnya.

Satu varian bentuk lampu LED, dimana bentuk lampu LED yang menggantikan bohlam bisa bermacam-macam. Yang pasti adalah lampu LED merupakan lampu berisi kumpulan LED kecil dengan warna putih atau kuning.

lampu LED

Lampu LED merupakan lampu paling hemat energi diantara jenis lampu lainnya, meskipun harganya relatif mahal. Saat artikel ini dibuat, lampu LED 4 watt kualitas bagus yang setara dengan lampu pijar 25 watt, harganya masih sekitar Rp140an ribu. Meskipun demikian, lampu LED disarankan bagi Anda yang memperhatikan bahwa energi (watt) yang dipakai sangat kecil sehingga menggunakan lampu LED sama dengan menghemat listrik hingga 1/5 dari biasanya. Lampu LED juga bisa bertahan sangat lama hingga 20an tahun. Bila dibandingkan dengan menggunakan lampu pijar, maka dalam 20 tahun harus membeli atau mengganti sekitar 60an lampu pijar. Dengan asumsi harga lampu pijar biasa adalah Rp6.000,-, maka biaya yang harus dikeluarkan dengan menggunakan lampu pijar biasa adalah Rp360.000,- tentunya lebih menarik untuk menggunakan lampu LED. Adapun saat ini, terdapat juga lampu LED sekitar 3 watt setara bohlam 20an watt 'made in China' yang murah meriah seharga sekitar Rp 30an ribu, namun jangka keawetannya belum dijamin dengan baik.

Warna cahaya lampu LED banyak meliputi semua warna, bisa merah, putih, hijau, biru, kuning, dan sebagainya.

Alamat

Toko Sumber Lampu
LINDETEVES TRADE CENTER
LTC-Glodok Lantai 2 Blok B3 No.2
Jalan Hayam Wuruk No.127
Jakarta Barat - 11180

Phone

Ph-Fax (021) 62321052
WhatsApp 0815-1943-6864
WhatsApp 0812-1025-8877
0878-7889-3385 XL
0878-7589-3295 XL

Cara Pembelian

sumberlampuglodok@gmail.com
penjualan@sumberlampu.com